Saturday, April 18, 2020

Internet of Things (IoT)


Di era revolusi industri 4.0 sekarang perkembangan teknologi semakin pesat seperti penyediaan teknologi informasi dan komunikasi yang mencakup Big Data, Cloud Computing, Artficial Intelligence, Virtual Augmented Reality, dan salah satunya Internet of Things (IoT) ... 
Apakah teman-teman pernah mendengar istilah  Internet of Things (IoT)? Disini saya akan sedikit membahas tentang Internet of Things atau yang biasa disingkat IoT merupakan salah satu teknologi yang dapat mengkoneksikan suatu peralatan dengan Internet untuk menjalankan beberapa fungsi tertentu. Istilah ini pertama kali disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999. Hingga saat ini teknologi IoT sudah dikembangkan dan mulai diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika seseorang menggunakan smartwatch yang terhubung dengan  internet dan smartphone/perangkat komputer, semua aktivitas harian pengguna akan terekam oleh smartwatch dan hasil rekam aktivitas tsb dikirimkan ke internet. Nantinya, pengguna dapat mengetahui berapa langkah, dan seberapa jauh jarak yang sudah pengguna itu tempuh, tekanan darah, detak jantung maupun informasi kondisi kesehatan penggunanya melalui smartphone/perangkat komputer yang terhubung dengan internet dan smartwatch tsb.

Dampak IoT dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari, antara lain:

Bidang Kesehatan
IoT dalam bidang kesehatan salah satu contoh penerapannya yaitu perawatan pasien dari jarak jauh secara digital.

Bidang Pertanian
Aktivitas pertanian yang dahulu dilakukan secara manual, dengan pemanfaatan teknologi IoT dapat membantu kegiatan menanam, membuat perencanaan tanam, memantau keadaan cuaca, yang cukup dikelola melalui smartphone.

Bidang Otomotif
Salah satu contoh penggunaan yaitu teknologi GPS atau penggunaan perangkat di dalam mobil hingga kemampuan auto driving yang dikembangkan.

Tata Kota
Istilah smart city tentu sudah familiar didengar. IoT bisa diterapkan pada smart city untuk memantau fasilitas publik, hingga membantu dalam pelayanan masyarakat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang IoT, teman-teman dapat menonton tayangan penjelasan berikut:

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top